Kreativitas yang dituangkan ke dalam kue dipadu rasa khas yang kuat, membuat makanan ini memiliki karakter yang unik. Bahkan bisa menjadi bisnis yang tidak pernah mati dan menjadi ide dalam membuka usaha makanan ringan berlabel oleh-oleh khas daerah.


Adalah Jenebora yang berasal dari nama pulau yang cukup populer dan mudah diingat orang di Kalimantan Timur dan dekat dengan kota Balikpapan, yaitu pulau Jenebora di daerah Penajam, Kalimantan Timur. 


Sementara ini, Kaltim cukup dikenal dengan amplang. Tapi amplang ini dikenal dari Samarinda. Nah, Jenebora adalah oleh-oleh khas Balikpapan jenis makanan basah yang tahan tanpa bahan pengawet. Makanan ini sejenis bolu gulung dengan aneka rasa dengan pelbagai varian rasa, yakni Bolu Gulung Durian, Pandan Cheese, Elai, Nanas, Polkadot, Naga Hijau, Green Tea, dan Rainbow. 


Rasa yang potensial menjadi rasa paling favorit yaitu rasa Durian, Pandan Cheese, dan Rainbow Gulung bahkan memanfaatkan cita rasa buah lokal seperti buah elai.


Bahan pembuatannya menghabiskan lebih dari 100 liter susu cair untuk pembuatan kek pisang dan, 40 butir telur untuk pembuatan bolu gulung. Disebutnya, Bolu Jenebora mampu diproduksi sebanyak 120 box per hari, Bingka Gulung 30 box per hari dan Kek Pisang 50 box per hari.


Bolu Gulung Jenebora juga sudah bekerjasama dengan layanan Bandara dan rencananya akan merambah ke hotel dan mal di penjuru Kota Minyak. Selain untuk cemilan sehari-hari, bisa untuk cake order arisan, ulangtahun, dan makanan ringan wedding.


Membuat bolu gulung bahan dasarnya adalah tepung, susu bubuk, telur kemudian di oven selama kurang lebih 30 menit. Proses pembuatannya menghabiskan waktu 45 menit dan mampu membuat 6 cake dalam satu kloter. 


Kalau bahan-bahannya alami, kue ini bisa tahan di luar kulkas selama 4 hari. Sedangkan jika berada di dalam kulkas, bisa tahan sampai seminggu.


Harga bolu gulung ini beragam, mulai dari Rp 49 ribu untuk rasa biasa seperti Polkadot Cokelat Kacang dan Green Tea, sampai Rp 55 ribu untuk rasa buah seperti Durian, Elai, dan Rainbow.