f Adaptation Fund Bantu Pembiayaan Proyek RTH di Samarinda – Beranda Kaltim
CloseUp

Adaptation Fund Bantu Pembiayaan Proyek RTH di Samarinda



 Adaptation Fund (AF) memberikan bantuan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda.. Perwakilan AF memaparkan rencananya dalam Rapat Pemaparan Rencana Implementasi Usulan Dana Adaptasi Di Kota Samarinda, Kalimantan Timur pada Senin 15 Maret 2021 di Ruang Rapat Utama Balaikota Samarinda.


Adaptation Fund merupakan program dukungan pembiayaan proyek dan program yang membantu masyarakat yang rentan di Negara berkembang untuk menyesuaikan dengan perubahan iklim yang didirikan berdasarkan protokol Kyoto dari kerangka konvensi kerja PBB tentang perubahan iklim (UNFCCC).


Kota Samarinda sendiri menjadi salah satu daerah di Indonesia yang mendapatkan bantuan dari AF tadi. Melalui proyek bernama 'Embracing The Sun', Samarinda akan mendapatkan bantuan RTH (ruang terbuka hijau). Proyek ini merupakan kegiatan Perkotaan atau Pembangunan Perkotaan.


Wali Kota Samarinda, Dr H Andi Harun mengatakan jika kota Tepian bisa dipastikan akan bersama dan selalu bergabung dalam agenda global tersebut.


“Soal titik lokasi di segmen Pasar Segiri yang menjadi target, saya minta sedapat mungkin yang sudah dipilih oleh teman-teman (Tim AF). Saya nyatakan setuju dan semoga bisa digabungkan dengan perencanaan lama yang pernah disusun oleh Pemerintah seputar kawasan itu,” ujar Andi Harun.


Andi Harun meminta kepada OPD yang terkait untuk memberikan dukungan pada kegiatan tersebut.  Menurutnya ini merupakan bagian dari kampanye komitmen Pemerintah Daerah kepada dunia terhadap keberpihakan Pemda pada agenda global tadi.


Penyeleksian tersebut sudah mulai pada tahun 2019. Pihak yang mengkoordinir AF di Indonesia, Kemitraan Partnership, telah berkomunikasi secara langsung bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup Samarinda Nurrahmani.


Kepala DLH Samarinda Nurrahmani mengatakan, pihaknya telah berkomunikasi tentang perencanaan RTH. Pemerintah Kota Samarinda menawarkan 2 titik lokasi, lahan di jalan Tarmidi dan pemukiman bantaran sungai di Pasar Segiri atau Segmen Segiri.


“Jadi kita komunikasi tentang penentuan titik lokasi. Jadi, mereka tidak hanya sekedar RTH saja. Tetapi RTH yang mampu Sebelumnya, Mereka naksirnya di Segmen Segiri. Nah, karena ini bukan lahan tunggal. Tetapi berkaitan dengan seluruh OPD, maka konsep yang akan mereka canangkan itu hasil dari masukan OPD - OPD di Kota Samarinda,” jelas Nurrahmani.


Konsep RTH sendiri, ditambahkan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Samarinda, Ananta Fathurozzi konsepnya berkaitan dengan adaptasi perubahan iklim.


"Jadi belakangan konsepnya bisa menyesuaikan diri dengan iklim, ramah lingkungan, ramah anak, dan gender yang menguntungkan," katanya.


Sementara, Sekretaris Daerah Kota Samarinda, Sugeng Chairuddin berharap bantuan tersebut akan meningkatkan kadar oksigen di Kota Samarinda.


"Masyarakat bisa lebih menikmati oksigen lebih banyak ruang tambahan ada penambahan RTH. Kita akan lihat nanti desain RTH yang diusung AF," pungkasnya. (_)

Berikutnya Sebelumnya
Post Terkait :
environmental