f Lukisan Tertua di Kalimantan – Beranda Kaltim
CloseUp

Lukisan Tertua di Kalimantan

 Lukisan Lascaux yang berusia 17. 300 tahun ialah lukisan dinding yang terletak di dalam gua Lascaux di Dordogne, Prancis. Lukisan dinding Penyanyi menggambarkan Banyak spesies Dan Manusia Yang dilukis DENGAN warna tanah berpigmen coklat, Hitam, kuning, Dan merah.


Untuk Picasso, para pelukis revolusioner yang terkenal dengan aliran kubisme itu, tampaknya sejauh dirinya dan seniman- seniman generasinya tidak pernah menekuni Mengenai baru apa pula. Sebab, Manusia purba Yang Hidup di gua Lascaux belasan ribu Tahun ITU Dikirim Sudah Hebat hearts menciptakan karya- karya lukis.


Picasso Yang Wafat PADA Tahun 1973 ITU TIDAK Sempat dikenal jika tampaknya Ada lukisan- lukisan gua Yang LEBIH tua di belahan belahan Dunia Lain, keakraban Indonesia. Apabila ia ketahui, dapat jadi ia bakal lebih kaget lagi.


Salah satu lukisan gua Tertua di Dunia ditemui gua Lubang Jeriji Saleh di Kalimantan Timur. Untuk Sesuatu Riset Yang laporannya Telah Diterbitkan di setiap hari Nature PADA 7 November 2018, lukisan Berwujud Hewan mirip sapi Penyanyi lukisan lukisan Hewan Buatan Manusia Yang Pernah ditemui Sampai PADA Tahun tersebut.


Tim Gabungan Yang creates Dan meriset lukisan gua batu kapur terdiri Dari para Periset Institut Teknologi Bandung( ITB), Pusat Studi Arkeologi Nasional( Puslit Arkenas), Dan Griffith Universitas. Dalam penataan Tugas Suami, para orang Yang bertanggung jawab differences ilustrasi karbonat Dari lukisan di gua tersebut buat melakukan Tata cara Penanggalan uranium.


Maxime Aubert, arkeolog dari Griffith University yang jadi anggota tim riset ini, menarangkan jika kala air hujan merembes melewati batuan kapur, air yang dukung melarutkan sedikit uranium yang batuan itu. Begitu uranium hadapi pembusukan ataupun peluruhan radioaktif, ia mau berubah jadi thorium. Dengan rasio uranium ke thorium di karbon kalsium yang menutupi lukisan di gua, para penulisnya bisa membenarkan usia lukisan tersebut.


Lukisan gua di Kalimantan Timur itu satu dari sekian banyak lukisan purba yang terdapat di Indonesia. Hingga disaat ini, lukisan gua tertua di dunia yang telah ditemui pula terletak di wilayah Indonesia.


Karya Tertua tersebut lukisan bergambar babi Kutil Yang Terdapat di website Gua Leang Tedongnge, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Usia lukisan itu ialah 45. 500 tahun!


Profesor. Adam Brumm, guru besar ilmu purbakala dari Griffith University di Australia, baik jika lukisan- lukisan gua yang ada di Sulawesi Selatan dan Kalimantan Timur itu merupakan lukisan- lukisan sangat tua yang terdapat di dunia. Lukisan- Lukisan gua di Indonesia itu lebih tua dari lukisan- lukisan gua yang terdapat di Eropa semacam di Prancis serta Spanyol.


“ Temuan- Temuan di Indonesia Sangat Sangat eksotis,” kata Adam hearts activities Obrol santai secara online bertajuk Perombakan Sejarah Seni Dan Kebudayaan: Gua Seni Purba sebagai Aset Budaya yang digagas oleh Pustaka Bergerak Indonesia.


Untuk Adam, temuan- temuan lukisan purba di Indonesia ini sangat berarti buat memahami sejarah evolusi manusia dan perkembangan intelektual dan intelegensi manusia purba ataupun juga manusia prasejarah di dunia.“ Temuan- temuan ini menunjukkan pemikiran yang sangat kreatif dan inovatif dari manusia- manusia purba yang hidup hidup di wilayah tersebut.”


Adam menuturkan jika umumnya para arkeologi dan ilmuwan di Eropa meyakini perkembangan kesenian serta kebudayaan manusia bermula dari Eropa bersumber pada bukti- fakta yang ditemui mereka. Namun temuan- temuan terkini di Indonesia bisa mematahkan teori tersebut.


Bersumber pada temuan- temuan ini, alih- alih dari Eropa, seniman- seniman lukisan dini di dunia dapat jadi berasal dari Indonesia. Namun dapat jadi saja setelah itu ditemui karya- karya seni yang lain yang lebih tua di wilayah lain. Dapat Jadi kebetulan Ada karya seni Tertua Lain Yang ditemui di Afrika, such as inviting participation, Teori Evolusi jika persebaran Manusia purba Berasal Dari Wilayah tersebut.


Babi hampir 45.500 tahun yang lalu di Leang Tedongnge.

Dokter. Pindi Setiawan, pengamat senior yang cadas prasejarah Dari Fakultas Seni Rupa Dan Desain Institut Teknologi Bandung, tingkatkan jika lukisan- lukisan gua di Kalimantan Timur Dan Sulawesi Selatan Ialah karya seni Yang menggambarkan( cerita).“ Yang sangat menarik dari temuan ini, tampaknya manusia prasejarah( di Indonesia) sudah bisa membuat gambar adegan dan cerita,” ucap Pindi dalam aktivitas yang sama bersama Adam.


Pindi pula sepakat dengan Adam jika berartinya dari temuan- temuan ini ialah mereka barangkali“ bisa menggeser cerita evolusi manusia sangat utama dari sisi kognitifnya”. Menurutnya, kita ini dapat jadi sangat merendahkan sejauh kemampuan kognitif manusia prasejarah.


Hilmar Farid, Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, tingkatkan jika penemuan penemuan lukisan gua purba di Indonesia ini menunjukkan jika“ perkembangan budaya manusia di dunia yang berhubungan dengan linier dari Eropa saja.” Teori eropa Sentris Yang Sejauh Penyanyi Berdiri Kokoh can Jadi Bisa dirobohkan. Jika ledakan keahlian kreatif manusia di dunia bukan cuma terjalin dan bermula di Eropa, melainkan pula terjalin di belahan belahan dunia lain semacam di Indonesia.(*) 

Berikutnya Sebelumnya
Post Terkait :
Culture,Khas